, Hanna Nabilla (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
HANNA NABILLA_23070190023_PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa. Hal ini didasarkan oleh teori Kecerdasan Emosional yang dikemukakan oleh Daniel Goleman pada tahun 2015 dan teori Minat Belajar menurut Slameto pada tahun 2013. Serta masalah yang terjadi di lapangan terkait hasil pra wawancara dan pra observasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Penentuan sampel yang digunakan adalah metode sampel jenuh, yang berarti melibatkan seluruh populasi sebagai sampel yaitu siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis melalui uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan penelitian ini di dapatkan hasil sebagai berikut, (1) Nilai Kecerdasan Emosional > yakni 11,207 > 2,035, dengan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 < 0,05. (2) Nilai Minat Belajar > yakni 10,555 >2,035 dan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000 < 0,05. (3) hasil uji regresi ganda pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar secara simultan diperoleh nilai sebesar 70,953, yang jauh lebih besar dari (3,28). Selain itu, nilai signifikansi adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan Hasil uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,811 atau 81,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan minat belajar memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 17:19 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 17:19 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
