PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) PADA SISWA KELAS IV MI KLERO KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Sholikah, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) PADA SISWA KELAS IV MI KLERO KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Sholikah_11511028.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan menggunakan model penemuan terbimbing (guided discovery) pada siswa kelas IV MI Klero Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama 3 bulan mulai bulan Juni-Agustus 2015. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan nilai pencapaian KKM yang ditandai dengan adanya peningkatan KKK (Kriteria Ketuntasan Klasikal) pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II, diperoleh data seperti berikut: Standar KKM pada mata pelajaran IPA adalah 70, sebelum menggunakan model penemuan terbimbing (guided discovery) hanya ada 44% (12 Siswa) yang tuntas, sedangkan 56% (15 siswa) belum mencapai KKM. Setelah diterapkan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) dalam mata pelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 63% (17 siswa) tuntas, dan 37% (10 siswa) tidak tuntas. Setelah dilakukan refleksi pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar yaitu 93% (25 siswa) tuntas sedangkan 7% (2 siswa) tidak tuntas atau belum memenuhi standar KKM yang ditentukan. Kesimpulannya terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 19% dari pra siklus ke siklus I, dan 30% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 03:11
Last Modified: 17 Feb 2016 03:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item