Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga

UYUN, QUROTUL (2025) Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Qurotul Uyun_43040210042_Pengaruh Mental Block dan Burnout Akademik Terhadap Self-Efficacy dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Angkatan 2021 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara mental block terhadap efikasi diri pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. (2) pengaruh burnout akademik terhadap efikasi diri pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. (3) pengaruh secara simultan mental block, burnout akademik terhadap efikasi diri pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 322 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang responden mahasiswa aktif angkatan 2021 (mahasiswa tingkat akhir) yang sedang menyusun skripsi. Instrumen penelitian dalam uji validitas melalui expert judgement dengan tujuh rater psikologi menggunakan formula Aiken’s V, serta diuji reliabilitas dan daya beda aitem. Data dikumpulkan dengan skala Likert yang disebarkan melalui Google Form dan angket langsung. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat (normalitas dan linearitas), serta uji hipotesis dengan regresi menggunakan SPSS versi 25.0 for windows. Uji t digunakan untuk menguji pengaruh parsial, uji F untuk signifikansi model secara keseluruhan, dan hasil dianalisis serta diinterpretasikan untuk melihat pengaruh mental block dan burnout terhadap self-efficacy mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mental block tidak berpengaruh secara signifikan terhadap efikasi diri, pada kalangan mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga angkatan 2021. Pernyataan tersebut diperoleh berdasarkan table coefficient yang menunjukkan nilai Thitung yang didapatkan dalam penelitian ini sebesar -1.526 dan signifikasi sebesar 0.131. Karena nilai signifikasi sebesar 131 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha ditolak dan Ho diterima. (2) burnout akademik berpengaruh secara signifikan terhadap efikasi diri, pada kalangan mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga angkatan 2021. Pernyataan tersebut diperoleh berdasarkan table coefficient yang menunjukkan nilai thitung yang didapatkan dalam penelitian ini sebesar 14.242 dan signifikasi sebesar 0.000. Karena nilai signifikasi sebesar 0.000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Berdasarkan analisis Uji F, diketahui hasil signifikan relasi sosial (Y) memiliki nilai sebesar 0.000 < 0.05. Hasil perhitungan nilai Fhitung menunjukkan lebih besar dari Ftabel yaitu 150.456 > 3,11. Dari hasil perhitungan tersebut, maka mental block dan burnout akademik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga angkatan 2021. Hasil uji F juga didukung oleh uji koefisien determinasi yang menunjukkan nilai R Square sebesar 0.791, sehingga 79,1% variable efikasi diri dipengaruhi oleh variable mental block dan burnout akademik, dan sisanya 20,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2025 21:16
Last Modified: 28 Oct 2025 21:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26037

Actions (login required)

View Item View Item