Salsabella, Tsania Imtisal (2025) UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIFANAK USIA DINI KELOMPOK A1 DI TK ISLAM AN-NUR BENER KECAMATAN TENGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
SKRIPSI Tsania Imtisal Salsabella PIAUD.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Tsania Imtisal Salsabella PIAUD.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Tsania Imtisal Salsabella PIAUD.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Tsania Imtisal Salsabella PIAUD.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Tsania Imtisal Salsabella PIAUD.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Tsania Imtisal Salsabella PIAUD.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Tsania Imtisal Salsabella PIAUD.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
SKRIPSI Tsania Imtisal Salsabella PIAUD.pdf Download (2MB) |
Abstract
Salsabella, Tsania Imtisal. 2025. Upaya Guru dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia Dini Kelompok A1 di TK Islam An-Nur Bener Kecamatan Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ghaida Zukhruf Tsaniyatsnaini, M.Pd. Kata kunci: Upaya guru; perilaku agresif; anak usia dini; strategi penanganan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perilaku agresif anak usia dini kelompok A1 di TK Islam An-Nur Bener, upaya guru dalam mengatasinya, serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam proses penanganan tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, dua orang guru, dua wali murid, dan anak kelompok A1. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk perilaku agresif yang muncul meliputi perilaku fisik (memukul, mendorong atau menendang, dan menarik mainan), verbal (mengejek, berteriak atau mengeluh keras), simbolik (merusak tanaman atau barang, meludah, dan melempar barang), serta penolakan terhadap aturan sosial (tidak mau bergiliran saat bermain, tidak mau berbagi, dan, mengabaikan instruksi guru; 2) Upaya guru dalam mengatasi perilaku agresif anak dilakukan melalui pemberian teguran secara lembut, penggunaan metode storytelling dan bermain peran, penguatan positif berupa pujian atau hadiah, penerapan hukuman ringan (time-out reflektif), pengalihan perhatian ke aktivitas menarik, pembelajaran keterampilan sosial, pendampingan individual, penciptaan lingkungan belajar kondusif, dan komunikasi aktif dengan orang tua; 3) faktor pendukung meliputi lingkungan belajar yang kondusif dan ramah anak, pembiasaan karakter yang dilakukan secara rutin, dukungan dari kepala sekolah, keterlibatan aktif guru, serta partisipasi orang tua. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi guru mencakup: minimnya keterlibatan sebagian orang tua, terbatasnya waktu dan tenaga guru untuk pendekatan individual, kurangnya fasilitas bermain yang memadai, pengaruh negatif media digital yang ditiru anak, perbedaan karakter anak.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 18:47 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 18:47 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
