Ernawati, (2025) Hubungan Pembelajaran Berdiferensiasi, Student Well-Being dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Negeri 11 Boyolali. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Ernawati-12020220002-Hubungan Pembelajaran Berdiferensiasi, Student Well-Being dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Negeri 11 Boyolali.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
Ernawati-12020220002-Hubungan Pembelajaran Berdiferensiasi, Student Well-Being dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Negeri 11 Boyolali.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan abad ke-21 menuntut pendekatan fleksibel dan inklusif untuk mengakomodasi keragaman siswa, namun pendekatan seragam sering tidak efektif, terutama dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran berdiferensiasi, yang menyesuaikan konten, proses, dan produk dengan kebutuhan siswa, menjadi solusi untuk meningkatkan student well-being dan hasil belajar matematika. Namun, banyak pembelajaran masih belum mendukung student well-being. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan pembelajaran berdiferensiasi, student well-being, dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V MI Negeri 11 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional untuk mengkaji hubungan antara pembelajaran berdiferensiasi sebagai variabel independen dengan student well-being dan hasil belajar matematika sebagai variabel dependen, dilakukan di MI Negeri 11 Boyolali pada Mei-Juni 2025. Populasi penelitian adalah siswa kelas V, dengan sampel 62 siswa dipilih melalui purposive sampling.karena telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner (berdasar model Tomlinson untuk pembelajaran berdiferensiasi dan Self-Determination Theory untuk student well-being), tes tertulis untuk hasil belajar matematika, observasi implementasi pembelajaran, dan dokumentasi nilai formatif. Validitas konstruk diuji dengan analisis faktor (korelasi item-total >0,3), reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha (>0,7), dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 20 dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, analisis deskriptif (mean, median, standar deviasi), serta korelasi Spearman/Pearson dengan signifikansi α=0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adanya hubungan positif signifikan antara pembelajaran berdiferensiasi dan student well-being (r=0,639, p<0,001), pembelajaran berdiferensiasi dan hasil belajar matematika (r=0,512, p<0,001), serta student well-being dan hasil belajar matematika (r=0,450, p<0,001) pada siswa kelas V MI Negeri 11 Boyolali.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 11:11 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 11:11 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
