Implementasi Kemandirian Intelektual dan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran dan SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang

, Ika Ayu Rohmiyanti (2025) Implementasi Kemandirian Intelektual dan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran dan SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ika Ayu Rohmiyanti-12010230004-Implementasi Kemandirian Intelektual dan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMPIT Nurul Islam Tengaran dan SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rohmiyanti, Ika Ayu (2025). Implementasi Kemandirian Intelektual dan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Karakter Mandiri dan Bertanggungjawab di SMPIT Nurul Islam Tengaran dan SMP Negeri 2 Tengaran. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muna Erawati, S.Psi., M.Si. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengkaji dan menganalisis strategi dalam mengimplementasikan kemandirian intelektual dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter mandiri dan bertanggungjawab di SMPIT Nurul Islam Tengaran dan SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. (2) Mengkaji dan menganalisis implementasi kemandirian intelektual dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter mandiri dan bertanggungjawab di SMPIT Nurul Islam Tengaran dan SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. (3) Mengkaji dan menganalisis implikasi implementasi kemandirian intelektual dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Nurul Islam Tengaran dan SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPIT Nurul Islam Tengaran dan SMP Negeri 2 Tengaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian yang ditemukan yakni: (1) Strategi implementasi kemandirian intelektual siswa dalam pembelajaran PAI dilaksanakan dengan dua cara, yakni: Pertama, Melakukan perencanaan dengan melibatkan kerjasama antara berbagai pihak. Kedua, Melakukan beberapa strategi di dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian strategi kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI dilaksanakan dengan tiga cara. Pertama, Melakukan perencanaan yang melibatkan kerjasama dengan semua elemen sekolah. Kedua, melakukan reminder atau mengingatkan secara berkala tata tertib yang berlaku di sekolah. Ketiga, melakukan beberapa strategi kedisiplinan siswa di dalam kegiatan pembelajaran. (2) Implementasi kemandirian intelektual siswa di dalam pembelajaran PAI dilaksanakan dengan dua cara, yakni: Pertama, Menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menarik untuk mendapatkan informasi, Kedua, Melaksanakan implementasi kemandirian intelektual di dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian implementasi kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI dilaksanakan dengan tiga cara, yakni Pertama, Mengadakan kerjasama dengan pihak luar untuk meningkatkan dan menjaga kedisiplinan peserta didik. Kedua, Menerapkan tata tertib dalam lingkup sekolah. Ketiga, Melakukan pembiasaan kedisiplinan di dalam kegiatan pembelajaran. (3) Implikasi dalam implementasi kemandirian intelektual dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI terwujud dengan: Peserta didik memiliki karakter mandiri dan bertanggungjawab. Kata Kunci: Implementasi Kemandirian Intelektual, Kedisiplinan Siswa, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2025 15:58
Last Modified: 03 Nov 2025 15:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26249

Actions (login required)

View Item View Item