Sholeh, Muhamad Sofi (2017) SEJARAH MAKANAN TRADISONAL SALATIGA STUDI KASUS PERSAINGAN USAHA ENTING-ENTING GEPUK DAN GULO KACANG ANTARA PRIBUMI MUSLIM DAN MASYARAKAT NON MUSLIM TAHUN 2000 -2010. Other thesis, IAIN Salatiga.
Text
Skripsi Final allahu akbar.pdf Download (4MB) |
Abstract
MUHAMAD SOFI SOLEH. 2017. Sejarah Industri Makanan Tradisional Salatiga Studi Kasus Persainagan Usaha Enting-enting gepuk dan Gulo Kacang antara Pribumi Muslim dan Masyarakat Non Muslim Tahun 2000- 2010. Salatiga: Program Studi Sejarah Peradaban Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Penelitian ini mengkaji tentang Persaingan Bisnis Pengusaha Enting-Enting Gepuk dan Gulo Kacang antara Etnis Tionghoa dengan Masyarakat Muslim di Salatiga Tahun 2000-2010. Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah etika bisnis Etnis Tionghoa dengan Pribumi Muslim (2) Bagaimanakah kondisi ekonomi Kota Salatiga pada tahun 2000-2010. (3) Bagaimanakah produksi dan strategi pemasaran enting-enting gepuk dan gulo kacang. Untuk mengkaji permaslahan tersebut maka peneliti menggunkan sebuah metode yaitu metode sejarah yang meliputi empat tahap, yaitu Heuristik, Kritik Sumber, Interprestasi dan Historiografi. Batasan Lingkup spasial dalam penelitian ini adalah di Kota Salatiga karena enting-enting gepuk dan gulo kacang merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Kota Salatiga. Sedang lingkup temporalnya pada tahun 2000-2010 karena pada tahun 2000 enting-enting gepuk mulai mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga terjadi sebuah persaingan secara sehat antar pelaku usaha di Kota Salatiga, dan diakhiri pada tahun 2010 karena para pelaku usaha enting-enting gepuk dan gulo kacang mulai mengalami penurunan omset dikarnakan banyaknya produsen yang membuat enting-enting gepuk dan gulo kacang sehingga banyak perusahaan yang gulung tikar. Ada tiga kesimpulan dalam penelitian ini: pertama, etika bisnis Etnis Tionghoa lebih mengedepankan pada pelayanan dan kepuasan kepada pelanggannya sedangkan Pribumi muslim lebih kepada rasa kepercayaanya kepada pelangganya walaupun baru kenal. Kedua kondisi ekonomi Kota Salatiga dari tahun 2000-2010 terus mengalami kenaikan terutama pada bidang usaha tekstil tetapi di bidang bisnis makananpun juga mengalami kenaikan walaupun tidak begitu berpengaruh pada ekonomi di Kota Salatiga. Ketiga dalam produksi dan strategi enteng-enteng gepuk lebih unggul dibandingkan dengan gulo kacang dikarenakan enting-enting gepuk sudah mempunyai jaringan yang luas sedangkan gulo kacang masih dalam lingkup Kota Salatiga. Kata kunci :Persaingan Bisnis,Pribumi Muslim,Non Muslim.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Ilmu Alqur'an dan Tafsir |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Mar 2018 05:13 |
Last Modified: | 10 Mar 2018 05:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2627 |
Actions (login required)
View Item |