Nurrokhmah, Dewi (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL ISLAM BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
DEWI NURROHMAH 23010180123.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
DEWI NURROHMAH 23010180123.pdf Download (2MB) |
Abstract
Nurrokhmah, Dewi. 2025. STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL ISLAM BRINGIN KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 Jurusan Pendidikan Guru Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Kata Kunci : Strategi, Guru, Motivasi Belajar Tujuan dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar di MTs Al Islam Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang, Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung Guru dalam meningkatkan motivasi belajar rumpun PAI di MTs Al Islam Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang, dan untuk mendeskripsikan solusi guru dalam menghadapi problematika motivasi belajar di MTs Al Islam Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Pendekatan ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis yang berupaya membuat deskripsi mengenai strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Al Islam Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar di MTs Al Islam Bringin dilakukan dengan cara menerapkan metode pembelajaran yang variatif, memberikan reward sebagai apresiasi jika siswa mampu memahami materi dan menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran. Faktor penghambat yang saat ini ada adalah keterbatasan sarana prasarana sekolah karena jumlah dana BOS yang tersedia sangat kecil, sedangkan yayasan sekolah juga mengalami keterbatasan dalam pendanaan. Selain itu, orang tua siswa juga sebagian besar belum memperhatikan sekolah anak. Sedangkan faktor pendukungnya adalah, pihak sekolah dan guru memiliki motivasi yang tinggi untuk melaksanakan pembelajaran sebaik mungkin ditengah keterbatasan sarana prasarana yang ada. Solusi yang diterapkan guru MTs Al Islam Bringin untuk meningkatkan motivasi diantaranya adalah melakukan apersepsi yang menarik, penyampaian pembelajaran dengan media yang variatif serta membuat peta konsep yang memacu siswa untuk mengikuti pelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 17:08 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 17:08 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
