, Muhammad Wahyudi (2025) PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN ISLAMIC CORPORATE REPUTATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Muhammad Wahyudi_12030220006_Pengaruh service quality terhadap customer loyalty dengan Islamic corporate reputation sebagai variabel intervening.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Muhammad Wahyudi_12030220006_Pengaruh service quality terhadap customer loyalty dengan Islamic corporate reputation sebagai variabel intervening.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan mengetahui Pengaruh service quality terhadap customer loyalty dengan Islamic corporate reputation sebagai variabel Intervening. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan populasi sejumlah 420 nasabah Bank Syariah Kabupaten Semarang dengan sampel sebanyak 150 yang diperoleh dengan menggunakan perhitungan rumus Hair. Pencarian data mengandalkan data primer sebagai sumber utama, penghimpunan datanya menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form kepada nasabah Bank Syariah Kabupaten Semarang. Alat analisis yang digunakan menggunakan SmartPLS 4.0. Dengan memanfaatkan skala pengukuran untuk menilai respons partisipan dengan menggunakan skala interval. Berdasarkan olah data menggunakan SmartPLS, diperoleh hasil bahwa: 1) Service quality berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap peningkatan customer loyalty. 2) Service quality berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap Islamic corporate reputation. 3) Islamic corporate reputation berkontribusi secara positif dan signifikan terhadap customer loyalty. 4) Islamic corporate reputation terbukti memediasi hubungan tersebut secara parsial, dimana reputasi Islami yang baik meningkatkan kepercayaan dan kepuasan nasabah terhadap layanan bank syariah. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis bahwa Reputasi Islami memainkan peran kunci dalam membangun kepercayaan pelanggan melalui nilai-nilai syariah, sehingga menciptakan kualitas yang lebih kokoh. Memberikan bukti empiris bahwa reputasi Islami dapat menjadi faktor pembeda yang signifikan dalam pasar perbankan syariah yang kompetitif sekaligus meningkatkan daya saing perusahaan secara berkelanjutan. Kata Kunci: Service quality, Customer Loyalty, Islamic Corporate Reputation, Bank Syariah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 21:47 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 21:47 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
