HUBUNGAN KEDISIPLINAN SHOLAT FARDHU DAN ANXIETY DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PBA UIN SALATIGA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI

RAHMASARI, TANTI SELVYA (2025) HUBUNGAN KEDISIPLINAN SHOLAT FARDHU DAN ANXIETY DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PBA UIN SALATIGA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TANTI SELVYA RAHMASARI_23080210106.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahmasari, Tanti Selvya. 2025. Hubungan Kedisiplinan Sholat Fardhu dan Anxiety dengan Stres Akademik pada Mahasiswa PBA UIN Salatiga yang sedang menyusun skripsi. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Ahmad Minan Zuhri, M.S.I. Kata Kunci: Kedisiplinan Sholat Fardhu, Anxiety, Stres Akademik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena stres akademik yang banyak dialami mahasiswa tingkat akhir, khususnya pada tahap penyusunan skripsi. Faktor spiritual seperti kedisiplinan sholat fardhu dan faktor psikologis berupa anxiety diduga memiliki pengaruh terhadap tingkat stres akademik yang dialami mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kedisiplinan sholat fardhu dengan anxiety, hubungan kedisiplinan sholat fardhu dengan stres akademik, hubungan anxiety dengan stres akademik, serta hubungan kedisiplinan sholat fardhu dan anxiety secara simultan dengan stres akademik mahasiswa PBA UIN Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian berjumlah 66 mahasiswa PBA UIN Salatiga yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan analisis korelasi berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan signifikan antara kedisiplinan sholat fardhu dengan anxiety mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,261 (kategori lemah); (2) terdapat hubungan signifikan antara kedisiplinan sholat fardhu dengan stres akademik dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi -0,623 (kategori kuat dan arah negatif); (3) terdapat hubungan signifikan antara anxiety dengan stres akademik dengan nilai signifikansi 0,050 < 0,05 dan koefisien korelasi 0,243 (kategori lemah dan arah positif); serta (4) terdapat hubungan signifikan secara simultan antara kedisiplinan sholat fardhu dan anxiety dengan stres akademik mahasiswa dengan nilai R = 0,752 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (kategori hubungan kuat). Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa kedisiplinan sholat fardhu dapat menurunkan tingkat stres akademik mahasiswa, sedangkan anxiety yang tinggi justru berpotensi meningkatkan stres tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2025 21:34
Last Modified: 06 Nov 2025 21:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26347

Actions (login required)

View Item View Item