IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

MUHAMMAD, NUR (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nur Muhammad_23010190426_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Muhammad_23010190426_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Muhammad_23010190426_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Muhammad_23010190426_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Muhammad_23010190426_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Muhammad_23010190426_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Muhammad_23010190426_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Muhammad_23010190426_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nur Muhammad_23010190426_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PROFETIK PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024.pdf

Download (6MB)

Abstract

Muhammad, Nur. 2025. Implementasi Pendidikan Profetik Pada Siswa di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Profetik, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu bagaimana metode pendidikan profetik serta faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam implementasi pendidikan profetik padasiswa di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan profetik di SMP Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025 dilakukan secara holistik dengan mengintegrasikan nilai-nilai tauhid, akhlak mulia, dan keteladanan guru dalam seluruh aspek kehidupan siswa. Proses ini diperkuat melalui kurikulum ISMUBA, program keagamaan, serta pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan ramah anak. Namun demikian, penerapannya masih menghadapi beberapa hambatan, baik internal seperti rendahnya kepercayaan diri siswa dan kurangnya pengawasan, maupun eksternal seperti latar belakang siswa yang beragam dan minimnya ruang untuk berpendapat. Di sisi lain, keberhasilan pendidikan profetik turut ditunjang oleh faktor pendukung seperti naluri religius siswa, kesadaran belajar yang tumbuh dari dalam diri, sarana prasarana yang memadai, dukungan orang tua, dan kebijakan kepala sekolah. Sinergi dari seluruh elemen ini menjadi kunci dalam mewujudkan pendidikan profetik yang efektif dan bermakna dalam membentuk karakter siswa secara spiritual, moral, dan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2025 18:56
Last Modified: 11 Nov 2025 18:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26383

Actions (login required)

View Item View Item