M, Aska Ilham (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERNALAR KRITIS DI SEKOLAH SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KAB. MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Aska Ilham Maulana-23010180256-STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERNALAR KRITIS DI SEKOLAH SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KAB. MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Aska Ilham Maulana-23010180256-STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERNALAR KRITIS DI SEKOLAH SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KAB. MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Aska Ilham Maulana-23010180256-STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERNALAR KRITIS DI SEKOLAH SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KAB. MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Aska Ilham Maulana-23010180256-STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERNALAR KRITIS DI SEKOLAH SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KAB. MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Aska Ilham Maulana-23010180256-STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERNALAR KRITIS DI SEKOLAH SMK SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KAB. MAGELANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui apa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila bernalar kritis di sekolah SMK Syubbanul Wathon. Untuk mengetahui Bagaimana implikasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Profil Pelajar Pancasila bernalar kritis di Sekolah SMK Syubbanul Wathon. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif. Untuk jenis penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang jenis datanya kualitatif, berupa penyataan, kalimat, dan dokumen. Metode yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah sebuah penelitian yang sumber data dan proses penelitiannya menggunakan kancah atau lokasi tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sehingga penelitian ini tujuannya untuk mendeskripsikan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan seluruh kegiatan, untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penenelitian dapat disimpulkan bahwa: Strategi Guru PAI dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada transfer ilmu, tetapi juga pembentukan karakter melalui keteladanan, kolaborasi lintas lingkungan, serta pengalaman nyata yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam. Strategi ini mencerminkan pendekatan pendidikan yang menyeluruh (holistik) dan transformatif dalam membentuk generasi bangsa yang religius, toleran, dan berintegritas. Implikasi strategi penguatan keempat aspek ini sangat signifikan dalam membentuk pelajar yang bernalar kritis. Pelajar tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas, kepedulian sosial, dan kemampuan berpikir yang mendalam sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Untuk mencapai hal ini, diperlukan integrasi berkelanjutan dalam kurikulum, pendekatan pembelajaran, serta dukungan lingkungan sekolah dan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 21:26 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 21:26 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/26421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
