IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI

Supangat, Ali (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS ALI IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK.pdf

Download (15MB)

Abstract

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kecamatan Simpang Raya dan Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai Tahun 2015/2016) ALI SUPANGAT Alamat: Jl. A. Yani No 07 Beringin Jaya RT 016/RW 008 Kec. Simpang Raya Kab. Banggai Propinsi Sulawesi Tengah (alisupangat72@gmail.com) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana implementasi supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas PAI di Kecamatan Simpang Raya dan Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai, bagaimana teknik pelaksanaannya, dan apa kendala-kendalanya. Jenis penelitiannya kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dideskripsikan dengan cara reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawas dalam melaksanakan tugas supervisi akademik merujuk pada tupoksi dan pemenuhan syarat formal administrasi, yaitu pengawas menyiapkan program tahunan, program semester, perangkat supervisi, melakukan pertemuan dengan guru, melakukan kunjungan kelas, mendiskusikan hasil proses pembelajaran, membuat laporan. Tekniknya: Menggunakan teknik supervisi kelompok dalam bentuk KKG, dan teknik supervisi individual dalam bentuk pembinaan individu, kunjungan kelas, dan berdiskusi. Peningkatan kompetensi pedagogik guru setelah disupervisi yaitu: Guru PAI mampu membuat perangkat pembelajaran; Kinerja guru PAI meningkat dalam memperbaiki dan melaksanakan proses pembelajaran; Adanya perubahan perilaku; Memahami karakter siswa. Sedangkan kendala dalam pelaksanaannya dari aspek georgrafis wilayah sangat luas sehingga pembinaan kurang efektif; kurangnya jumlah pengawas; Dari aspek guru, background pendidikannya ada yang tidak cocok, kualifikasi akademik belum semua terpenuhi, sebagian besar guru belum memahami IT; Dari aspek sekolah, fasilitasnya belum memadai. Sebagai implikasi dari penelitian ini, penting bagi pengawas untuk melaksanakan tugas supervisi secara merata. Kemudian guru PAI harus kooperatif dalam semua aktivitas supervisi akademik, guna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Implementasi Supervisi Akadenik, Kompetensi Pedagogik Guru PAI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2018 08:28
Last Modified: 21 Mar 2018 08:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item