Asar, Ahmad Hasan (2015) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENGENAL UANG BAGI SISWA KELAS III SEMESTER II SDN SIDOREJO LOR 03 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Ahmad Hasan Asari_11508055.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray Materi Mengenal Uang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Bagi Siswa Kelas III Semester II SDN Sidorejo Lor 03 Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015 merupakan salah satu solusi meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan KKM, terutama di dalam pembelajaran IPS materi uang dan wesel kelas III SDN Sidorejo Lor III Kota Salatiga. Dalam penelitian ini dirumuskan pertanyaan sebagai berikut; Apakah penggunaan model cooperative learning tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang mengenal nilai uang bagi siswa kelas III semester II SD N Sidorejo Lor 03 Salatiga tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan PTK. Teknik pengumpulan data adalah:sumber primer dalam bentuk buku dan pengamatan. Subyek penelitian adalah Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Mengenal Uang Bagi Siswa Kelas III Semester II SDN Sidorejo Lor 03 Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan Upaya perbaikan pembelajaran bagi siswa kelas III pada mata pelajaran IPS materi mengenal uang telah dilaksanakan oleh peneliti menggunakan model cooperative learning tipe two stay two stray dengan peraga benda konkrit yaitu uang. Melalui pengamatan selama pelaksanaan perbaikan pembelajaran, siswa terlihat antusias, semangat, dan aktif mengikuti setiap kegiatan dalam pembelajaran. Belajar IPS tidak lagi menjadi sesuatu yang membosankan tetapi menjadi lebih menyenangkan. Model pembelajaran yang tepat dapat digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan dengan cara yang menyenangkan. Dari hasil evaluasi sebelum dilakukan perbaikan atau kegiatan pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 61, siswa yang mencapai nilai sama dengan atau lebih dari KKM yang telah ditetapkan guru yaitu 61 sebanyak 22 siswa atau 50%. Pada perbaikan pembelajaran siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73, siswa yang mencapai nilai sama dengan atau lebih dari KKM sebanyak 30 siswa atau 71%, sedang pada perbaikan pembelajaran siklus II rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 84, siswa yang mencapai nilai sama dengan atau lebih dari KKM sebanyak 38 siswa atau 93%. Melihat hasil yang diperoleh dari mulai pra siklus, siklus 1, dan siklus 2, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi mengenal uang meningkat. Dengan demikian penggunaan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray dengan peraga uang untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi mengenal uang bagi siswa kelas III semester II SD Negeri Sidorejo Lor 03 Salatiga tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 03:46 |
Last Modified: | 18 Feb 2016 03:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/353 |
Actions (login required)
View Item |