Azizah, Nur (2018) PENDIDIKAN ANAK DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI_NUR AZIZAH_111.13.298.pdf Download (1MB) |
Abstract
Azizah, Nur. 2017.Pendidikan Anak dalam Surat Luqman Ayat 12-19 Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab. Skripsi Fakultas TarbiyahdanIlmuKeguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. M. Ghufron, M.Ag Kata Kunci : PendidikanAnak, Surat Luqman, Tafsir Al-Misbah Pendidikan usia dini merupakan pendidikan terpenting dalam kehidupan anak-anak, usia ini merupakan usia pertumbuhan yang paling peka. Maka, penelitian ini membahas tentang pendidikan anak dalam surat Luqman ayat 12-13 perspektif tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Peneliti merumuskan masalah agar penelitian tidak jauh melebar, peneliti merumuskan masalah pada; 1) Bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab terhadap surat Luqman ayat 12-19 tentang pendidikan anak, dan 2) Bagaimana implementasi pemikiran M. Quraish Shihab terhadap surat Luqman ayat 12-19 tentang pendidikan anak dalam kehidupan sehari-hari? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yang merupakan sumber data utama yang berkaitan langsung dengan objek riset meliputi QS Luqman ayat 12-19 dan tafsir al-Misbah kemudian sumber sekunder meliputi jurnal, hadits dan buku-buku yang mendukung dan melengkapi data-data primer. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga poin pendidikan anak dalam surah Luqman ayat 12-19 menurut Quraish Shihab yaitu: 1) Pendidikan Akidah (tauhid), 2) Pendidikan (Syariah) Ibadah, dan 3) Pendidikan Akhlak. Adapun implementasi pendidikan anak dalam kehidupan sehari-hari yaitu: 1) Pendidikan tauhid (akidah), dengan cara; melantunkan adzan di telinga kanan dan iqomah ditelinga kiri ketika bayi lahir, mendekatkan anak-anak dengan cerita yang mengesakan Allah, mengajak anak untuk merenungkan ciptaan Allah dan segala hikmah di baliknya. 2) Pendidikan syari’ah (ibadah), dengan cara; menjadi tauladan dalam beribadah seperti sholat, bersabar, dan ber-amar ma’ruf nahi munkar, mengenalkan sholat kepada anak, memberi penghargaan untuk perbuatan baik yang dilakukan anak dan sanksi yang mendidik untuk perbuatan buruknya, menanamkan sikap tidak mudah mengeluh dan tidak mudah putus asa kepada anak. 3) Pendidikan akhlak, dengan cara; lemah lembut dalam bertutur kata kepada orang tua, menjauhi ucapan bernada tinggi apalagi berkata kasar, ringan tangan menjalankan perintah orang tua, membiasakan diri untuk ta’awun (tolong menolong).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 03:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2018 03:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3664 |
Actions (login required)
View Item |