Istichomah, Istichomah (2018) PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA SMK NEGERI 1 PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
PEMBINAAN_KEPRIBADIAN_MUSLIM_MELALUI_KEGIATAN_EKSTRAKURIKULER_BACA_TULIS_AL-QURAN[1].pdf Download (3MB) |
Abstract
Istichomah. 2017. 11114113. Pembinaan Kepribadian Muslim Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa SMK Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang Tahun 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Kepribadian Muslim, Ekstrakurikuler, Baca Tulis Al-Qur’an Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembinaan kepribadian muslim melalui kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an pada siswa SMK N 1 Pringapus Kabupaten Semarang. Adapun pertanyaan yang ingin dijawab adalah : 1) Bagaimana proses pelaksanaan pembinaan kepribadian muslim melalui kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an pada siswa SMK Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang ? 2) Bagaimana dampak kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an terhadap kepribadian muslim pada siswa di SMK Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang ? 3) Apa problem dan solusi pembinaan kepribadian muslim melalui kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an pada siswa SMK Negeri 1 Pringapus Kabupaten Semarang ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) proses pelaksanaan pembinaan kepribadian muslim melalui kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dimulai dengan guru memberikan motivasi, kisah-kisah teladan nabi, kemudian materi baca tulis Al-Qur’an. 2) dampak kegiatan ekstrakurikuker baca tulis Al-Qur’an terhadap kepribadian muslim pada siswa yaitu peserta didik menjadi lebih bersikap sopan dan mampu menunjukkan kepribadian muslim yang lebih baik, dan dari segi membaca Al-Qur’an kualitas meningkat, baik kelancaran, ketepatan kaidah tajwidnya dan makharijul hurufnya, serta adanya pemahaman makna dari ayat-ayat yang sering dibaca. 3) problem dan solusi pembinaan kepribadian muslim melalui kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an yaitu problemnya siswa yang berminat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an tidak terlalu banyak karena masih bersifat pilihan, Kurangnya motivasi dan minat siswa, dan ekstrakurikuler di waktu yang sama, sehingga siswa tidak bisa mengikuti salah satu ekstrakurikuler. Adapun solusi untuk mengatasi problem tersebut yaitu mensiasatinya dengan menerapkan 1 jam pelajaran untuk kegiatan baca tulis Al-Qur’an di kelas target one class one juz dengan sistem sambung ayat, dan mengadakan kerjasama dengan semua pihak, sehingga dengan keterbatasan waktu ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an pun dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 03:15 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 03:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3735 |
Actions (login required)
View Item |