AZIZAH, NUR (2018) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL SANTRI (STUDI KASUS PADA PONDOK PESANTREN AL-HASAN SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
azizah pdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Azizah, Nur. 2018. Peran Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Santri (Studi pada Pondok Pesantren Al-Hasan Salatiga). Skripsi. Fakultas dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Phil. Asfa Widiyanto. MA. Kata Kunci: Pondok Pesantren, Kecerdasan Sosial. Pondok pesantren adalah tempat untuk mencari atau mendalami ilmu agama. Banyak ilmu agama yang didapat para santri dalam pondok pesantren. Bagi santri yang rajin mengikuti kegiatan dalam pondok pesantren selalu berusaha untuk mengembangkan kecerdasan sosialnya dengan mengikuti setiap kegiatan dan berharap keinginannya untuk menciptakan kecerdasan sosialnya tersebut. Dari alasan tersebut, penulis bermaksud meneliti tentang Peran Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Santri (Studi pada Pondok Pesantren Al-Hasan Salatiga). Fokus penelitian yang ingin dikaji yaitu: (1) Apa peran Pondok Pesantren Al-Hasan dalam mengembangkan kecerdasan sosial santri? (2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan sosial santri Pondok Pesantren Al-Hasan Salatiga ? Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif, maka data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan trianggulasi sumber sebagai instrument untuk mengecek validitas data. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara pengasuh, pengurus serta santri, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait Pondok Pesantren Al-Hasan Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran pondok pesantren dalam meningkatkan kecerdasan sosial santri diantaranya adalah kegiatan dalam Pondok Pesantren Al-Hasan dapat menimbulkan interaksi dengan sesama manusia secara baik, menjadikan pribadi yang lebih baik, peduli dengan lingkungan sekitar dan dapat meningkatkan rasa solidaritas santri. (2) Faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan sosial santri pondok pesantren Al-Hasan kota Salatiga diantaranya yaitu sudah banyak kegiatan diluar pondok, solusinya yaitu santri diberi waktu yang cukup untuk beristirahat; waktu kegiatan bertabrakan dengan jadwal sekolah/kampus, jalan keluarnya adalah member motivasi kepada santri agar bisa memanage waktu sebaik mungkin; sarana dan prasarana yang dirasa kurang mencukupi, solusinya mencukupi kebutuhannya dan kurangnya komunikasi sesama pengurus dalam menjalankan kegiatan, solusinya yaitu sesama pengurus harus sering ada komunikasi ketika hendak ada kegiatan. Sedangkan Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan sosial santri pondok pesantren Al-Hasan kota Salatiga yaitu dengan adanya lingkungan yang nyaman, masyarakat yang mendukung setiap kegiatan pondok, letak pondok yang strategis, antusias santri dalam mencari ilmu dalam pengembangannya akan dapat menjadikan kelancaran dalam berlansungnya disetiap kegiatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan Bahasa Biografi dan Sejarah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 03:18 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 03:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3859 |
Actions (login required)
View Item |