Asna, Khotijatul (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKHLAK SEMESTER II DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X AKUTANSI SMK PGRI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi.pdf Download (4MB) |
Abstract
Abstrak : Asna, Khotijatul. 2018. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Akhlak Semester II Dengan Metode Group Investigation pada Siswa Kelas X Akutansi SMK PGRI 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar PAI, Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi Akhlak Semester II dengan menggunakan metode pembelajaran group investigation pada siswa kelas X Akutansi SMK PGRI 2 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Subyek peneliti sebanyak 28 siswa, terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2018 sampai dengan tanggal 16 Maret 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahab yaitu perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Motode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data seperti berikut : KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 75, sebelum menggunakan metode pembelajaran group investigation, hanya ada 10,7 % (3 siswa) yang tuntas, sedangkan 89,2% (25 siswa) belum memenuhi KKM atau belum tuntas. Sedangkan setelah penggunaan metode group investigation dalam pembelajaran PAI pada siklus I diperoleh data sebesar 64,3% (18 siswa) tuntas dan 35,7% (10 siswa) yang belum tuntas, sehingga dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan 53,5%. Setelah itu dilakukan refleksi siklus I, dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 100% (28 siswa) tuntas dan 0% (0 siswa) belum memenuhi KKM. Dengan demikian dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 35,7%. Presentase Kriteria Ketuntasan Klasikal pada siklus II ini mencapai 89,3% dengan nilai rata-rata 90. Dengan kata lain sudah memenuhi indicator keberhasilan yang ditentukan yaitu presentase Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 80% dengan standar KKM 75.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 03:34 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 03:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3864 |
Actions (login required)
View Item |