Pendidikan Karakter Anak Dalam Keluarga Disharmoni (Studi Kasus Di Desa Kecandran Salatiga 2017)

Sholihah, Nur Zumrotus (2018) Pendidikan Karakter Anak Dalam Keluarga Disharmoni (Studi Kasus Di Desa Kecandran Salatiga 2017). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sholihah, Nur Zumrotus. 2018. Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga Disharmoni (Studi Kasus Di Desa Kecandran Salatiga 2017). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muna Erawati, M.Si. Kata kunci: pendidikan karakter, keluarga disharmoni Keluarga berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Keutuhan keluarga mempengaruhi proses pembentukan karakter anak. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan kendala pendidikan karakter anak dalam keluarga disharmoni di Desa Kecandran Salatiga tahun 2017. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pendidikan karakter anak dalam keluarga disharmoni di Desa Kecandran Salatiga ? (2) Bagaimana kendala atau hambatan pendidikan karakter anak dalam keluarga disharmoni di Desa Kecandran Salatiga ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Keterlibatan peneliti secara langsung dan aktif dengan informan dan sumber data lainnya di sini diperlukan, sedangkan langkah analisis data dilakukan dengan display data, reduksi data dan verifikasi data. Karakteristik informan yang diteliti adalah orang tua baik ayah maupun ibu dari anak yang mengalami disharmonisasi akibat perceraian dan anak dalam keluarga disharmoni. Usia putra-putri berkisar antara 6 sampai 12 tahun, dan mereka tinggal di Desa Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari orang tua dan anak dalam 3 keluarga disharmoni. Hasil peneltian mengenai strategi pembentukan karakter anak dapat diklasifkasikan berdasarkan 4 aspek yaitu tujuan, hal-hal yang diajarkan, cara menanamkan pendidikan karakter pada anak dan evaluasinya. Berdasarkan penelitan diketahui bahwa, masing-masing keluarga memiliki perbedaan tujuan, hal-hal yang diajarkan dan cara dalam pembentukan karakter anak. Semua informan menggunakan cara evaluasi yang sama dalam pembentukan karakter anak yaitu dengan cara menyuruh anak membeli sesuatu ke warung. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa setiap keluarga disharmoni Desa Kecandran Salatiga memiliki kendala-kendala yang berbeda-beda dalam membentuk karakter anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 03:38
Last Modified: 28 Apr 2018 03:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item