Anggraini, Dwi Silvia (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH MATERI IBADAH HAJI DAN UMRAH PADA SISWA KELAS VIII MTS SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Silvia pdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anggraini, Dwi Silvia.2018. Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqh Materi Ibadah Haji dan Umrah dengan Metode Jigsaw pada Siswa Kelas VIII MTs Sudirman Ambarawa Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Hj. Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Fiqh, Ibadah Haji dan Umrah, Metode Jigsaw. Penelitian ini dilatar belakangi adanya kenyataan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh kelas VIII MTs Sudirman Ambarawa masih tergolong rendah. Proses pembelajaran pada siswa cenderung terfokus pada guru, sehingga hanya guru yang aktif sedangkan siswa menjadi pasif. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Metode pembelajaran yang memungkinkan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode jigsaw.Metode jigsaw dapat dijadikan solusi untuk menghindari pembelajaran yang pasif dan kelas menjadi lebih hidup karena antara guru dan peserta didik terjalin kerjasama. Pertanyaan yang ingin dijawab, apakah penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Fiqh materi ibadah haji dan umrah pada siswa kelas VIII MTs Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2017/2018? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A dengan jumlah 23 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data maka kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Fiqh materi ibadah haji dan umrah pada siswa kelas VIII MTs Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2017/2018. Terbukti pada pra siklus dari 23 siswa baru 6 (27%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus I dari 22 siswa 14 (63%) siswa yang mencapai KKM dan pada siklus II 23 (100%) siswa telah mencapai KKM yang telah ditetapkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Target kriteria ketuntasan klasikal yakni ≥ 85% tercapai pada siklus II dengan persentase ketuntasan yakni 100% dengan siswa yang tuntas 23 siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 03:41 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 03:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3866 |
Actions (login required)
View Item |