Putri, Novie Purnia (2018) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Sosial Siswa Kelas XI SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Novie Purnia Putri FIX.pdf Download (2MB) |
Abstract
Putri, Novie Purnia. 2017. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Sosial Siswa Kelas XI SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag.M.Phil. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Kecerdasan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangakan kecerdasan emosional dan sosial siswa kelas XI SMK N 1 Tengaran Kabupaten Semarang dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. Fokus masalah yang akan dikaji adalah: 1) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan sosial siswa kelas SMK N 1 Tengaran Kab Semarang dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. 2) Apa faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan sosial siswa kelas XI SMK N 1 Tengaran Kab Semarang dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. 3) Apa faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan sosial siswa kelas XI SMK N 1 Tengaran Kab Semarang dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian kualitatif yang berdasarkan studi lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif naturalistik, yaitu sebuah pendekatan dalam Penelitian yang menggambarkan kondisi obyek dan subyek. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data dan pemeriksaan keabsahan data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peranan guru Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMK N 1 Tengaran Kab Semarang mengembangkan kecerdasan emosional dan sosial dalam menanggulangi kenakalan remaja meliputi mengembangkan sikap Konsistensi (Istiqomah), Rendah Hati, Toleransi, Ketulusan (Keikhlasan), Totalitas (Kaffah). Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan tersebut adalah tata tertib, sarana prasarana, metode pembelajaran serta kerjasama dengan guru Bimbingan konseling dalam mengawal perkembangan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang siswa yang berbeda-beda, kurangnya kerja sama antara pihak sekolah, keluarga dan lingkungan. Tidak adanya penilaian secara tertulis dalam kecerdasan emosional dan sosial serta kurangnya kompetensi guru dalam menjadi figur teladan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 03:48 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 03:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3869 |
Actions (login required)
View Item |