Uma, Nurul (2018) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Husnuzhan, Tawadhu’, Tasamuh dan Ta’awun Melalui Model Learning Cycle pada Siswa Kelas VIII C MTs Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK.pdf Download (3MB) |
Abstract
Uma, Nurul. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Husnuzhan, Tawadhu’, Tasamuh dan Ta’awun Melalui Model Learning Cycle pada Siswa Kelas VIII C MTs Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembiming: Dr. Fatchurrahman, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci:Aqidah Akhlak, Hasil Belajar, Model Learning Cycle Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang menunjukan adanya kendala, salah satunya adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. skripsi ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Materi Husnuzhan, Tawadhu’, Tasamuh dan Ta’awun di kelas VIII C Semester 2 MTs Negeri 1 Windusari Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII C Semester 2 MTs Negeri 1 windusari yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak materi husnuzha, tawadhu;, tasamuh dan ta’awun pada kelas VIII C tahun pelajaran 2017/2018 Melalui model learning cycle. Rata-rata kelas pada tahap pra siklus yaitu 65, pada siklus I naik menjadi 75 dan meningkat menjadi 80 pada siklus II. Dan ketuntasan klasikal pada tahap pra siklus sebesar 33,3%, meningkat menjadi 66,6% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 93,3% pada siklus II. Hasil pelaksanaan siklus II ini telah mencapai keberhasilan dimana hasil belajar melebihi batas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 70 dan ketuntasan klasikalnya 85%. Dari jumlah 30 siswa, 10 diantaranya telah mencapai KKM pada pra siklus kemudian menjadi 20 peserta didik yang tuntas pada siklus I dan meningkat menjadi 28 peserta didik yang meningkat pada siklus II. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah akhlak materi husnuzhan, tawadhu’, tasamuh dan ta’awun pada siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 04:38 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 04:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3880 |
Actions (login required)
View Item |