Hidayah, Tri (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN PADA MASA PENJAJAHAN DAN PERGERAKAN NASIONAL MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI ASAS ISLAM KALIBENING KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tri Hidayah NIM. 11511035.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hidayah, Tri. 2017. Peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS MateriPerjuangan Pada Masa Penjajahan dan Pergerakan Nasional Melalui Metode Mind Mapping pada kelas V semester II MI Asas Islam Kalibening Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.Pembimbing Dr. Muna Erawati S.P.si, M.Si Kata kunci : Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dan metode Mind Mapping, Pembelajaran IPS umumnya mengasah kemampuan siswa untuk melakukan pembelajaran secara kontektual dengan pengamatan dan pengalaman langsung disertai dengan menghafal materi, oleh sebab itu guru sebagai pengajar haruslah lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan. Namun faktanya masih ada guru yang mengajar monoton. Hal itu membuat siswa kebosanan dan banyak yang berbicara sendiri akibatnya hasil belajar IPS rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan Mind Mapping meningkatkan hasil belajar IPS materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Dan Pergerakan Nasional pada siswa kelas V semester II MI Asas Islam Kalibening Tahun 2016/2017? Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi pre-test, post test, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan Dan Pergerakan Nasional pada siswa kelas V semester II tahun 2016/2017. Melalui Mind Mapping adanya peningkatan hasil belajar yang dapat dilihat kondisi awal dari hasil pembahasan yaitu Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada observasi sebesar 61,2 atau 45% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 65,6 atau 75%, meningkat lagi pada siklus II menjadi 69 88% dan pada siklus III rata –rata nilai naik menjadi 70,8 atau100% siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Mind mappingdapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Perjuangan Pada Masa Penjajahan dan Pergerakan Nasional pada siswa kelas V semester II MI Asas Islam Kalibening Tingkir Kota Salatiga Tahun 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Apr 2018 05:10 |
Last Modified: | 28 Apr 2018 05:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3889 |
Actions (login required)
View Item |