PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN PUZZLE PADA SISWA KELAS V SD N 2 URUTSEWU KEC. AMPEL KAB. BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015

Anggraeni, Hermiya Arita (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN PUZZLE PADA SISWA KELAS V SD N 2 URUTSEWU KEC. AMPEL KAB. BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Hermiya Arita Anggraeni_11510044.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kenyataan bahwa prestasi belajar siswa kelas V SD N 2 Urutsewu dalam pelajaran IPA materi alat pencernaan manusia masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas V SD N 2 Urutsewu adalah pemahaman siswa tentang materi alat pencernaan manusia masih relatif kurang. Masalah utama yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi alat pencernaan manusia pada siswa kelas V SD N 2 Urutsewu, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2014/2015? Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD N 2 Urutsewu Kec. Ampel, Kab. Boyolali yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari perempuan 15 dan laki-laki 13. Penelitian dilakukan pada semester satu, Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan media puzzle alat pencernaan manusia. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan puzzle alat pencernaan manusia. Data dalam penelitian ini diambil dengan metode pengamatan terhadap guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran serta dengan menggunakan metode dokumentasi untuk mengambil data yang relevan. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan diperoleh bahwa: dengan menggunakan puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi alat pencernaan manusia pada siswa kelas V SD N 2 Urutsewu, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil tes siswa yang mengalami peningkatan persentase yaitu pada pra siklus saat pre test 10,71% yang tuntas terjadi peningkatan saat post test menjadi 25% berarti ada peningkatan sebanyak 14,29%. Pada siklus I saat pre test 17,86% yang tuntas terjadi peningkatan saat post test menjadi 46,43% berarti ada peningkatan sebanyak 28,57%. Pada siklus II saat pre test 32,14% yang tuntas terjadi peningkatan saat post test menjadi 71,43% berarti ada peningkatan sebanyak 39,28%. Pada siklus III saat pre test 46,43% yang tuntas terjadi peningkatan saat post test menjadi 92,86% berarti ada peningkatan sebanyak 46,43%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2016 07:02
Last Modified: 18 Feb 2016 07:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item