Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Iman Kepada Rasul dengan Metode Quick On The Draw Pada Siswa Kelas VIIIA Semester II SMPN 6 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018

Widyawati, Trisna (2018) Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Iman Kepada Rasul dengan Metode Quick On The Draw Pada Siswa Kelas VIIIA Semester II SMPN 6 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI TRISNA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Widyawati, Trisna 2018. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI IMAN KEPDA RASUL DENGAN METODE QUICK ON THE DRAW PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER II SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2107/2018.Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I Kata Kunci : Hasil belajar, Quick on the draw, Iman kepada rasul Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Quick on The Draw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi iman kepada rasul pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Salatiga yang terdiri dari 21 siswa yaitu 6 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapain nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Quick on the Draw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapakan metode Quick on The Draw hanya 23,80% (5 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 76,19% (16 siswa) belum memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 65,48. Meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 80,95% (17 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 80,43%. Pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 100% (semua siswa tuntas) dengan nilai rata-rata 91,62. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,05%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 06:52
Last Modified: 28 Apr 2018 06:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3901

Actions (login required)

View Item View Item