PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LSQ (LEARNING STARTS WITH A QUESTIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM ORGAN PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2017/2018

Tunnisa, Sakina (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LSQ (LEARNING STARTS WITH A QUESTIONS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM ORGAN PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi dadi sakina.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sakina Tunnisa, 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran LSQ (Learning Starts with A Questions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Organ Pencernaan Pada Manusia di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Hj. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran LSQ (Learning Stars With A Questions), dan IPA. Penelitian ini membahas upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas V B tentang materi sitem organ pencernaan manusia melalui strategi pembelajaran LSQ (Learning Starts With A Questions) di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendskripsikan penerapan strategi pembelajaran LSQ (Learning Starts With A Questions) untuk Meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi sistem organ pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian sebanyak 23 siswa kelas V B. Penelitian PTK ini berlangsung selama 3 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan teknik tes. Hasil penelitian ini memengaruhi adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran oleh guru dan keaktifan belajar siswa. Strategi pembelajaran LSQ (Learning Stars With A Questions) dapat meningkatkan dari nilai ketuntasan pada siklus I sebesar 69,60%, siklus II 86,95% dan menjadi 91,30% pada siklus III, dan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I sebesar 74,80% menjadi 83,50% pada siklus II dan menjadi 85,43% siklus III.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini pada penerapan strategi pembelajaran LSQ (Learning Stars With A Questions) bahwasanya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi sistem organ pencernaan pada manusia di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Ajaran 2017/2018 telah mendapatkan peningkatan keaktifan dan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Apr 2018 07:01
Last Modified: 28 Apr 2018 07:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/3904

Actions (login required)

View Item View Item