Ulfa, Anisa Amalia (2018) Implementasi Pendampingan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Muallaf di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tuntang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Anisa Amalia Ulfa 111-13-068.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anisa Amalia Ulfa.2017. Implementasi Pendampingan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Muallaf di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tuntang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Siti Asdiqoh, M.Si Kata Kunci : Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Muallaf Pembelajaran PAI merupakan pembelajaran Agama Islam yang terdapat di sekolah umum. Kewajiban pihak sekolah untuk memberi pelajaran agama kepada siswa sesuai dengan keyakinan yang dimiliki. Baik keyakinan yang dianut sejak kecil maupun dalam tahap belajar seperti siswa muallaf. Bagaimana guru membimbing, mengarahkan, dan merencanakan pembelajaran agar siswa muallaf tidak tertinggal atau kurang dalam memahami ajaran agama Islam. Problemtika siswa muallaf tentang membaca Al-Qur’an, shalat lima waktu. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti pendampingan Pendidikan Agama Islam bagi siswa muallaf di SMA Negeri 1 Tuntang. Fokus penelitian yaitu (1) Bagaimana implementasi pembelajaran PAI bagi siswa muallaf di SMA N 1 Tuntang tahun pelajaran 2016/2017?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran PAI bagi siswa muallaf di SMA N 1 Tuntang tahun pelajaran 2016/2017?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer dan sumber data sekunder, Metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan metode teknik analisis data menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data yaitu trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : Pertama, tidak ada kelas khusus bagi siswa muallaf. Kedua, memotivasi siswa muallaf dengan pendekatan pribadi dan intens. Ketiga, membantu siswa muallaf yang mengalami kesulitan dalam pratik ibadah seperti membaca al-qur’an dan sholat. Keempat, guru melatih keaktifan siswa muallaf. Keenam, evaluasi dengan memberikan tugas rumah sebagai bentuk latihan seperti menulis ayat al-qur’an dan menghafal bacaan sholat. Faktor Penghambat : 1) Lambatnya dalam membaca ayat Al-Qur’an, 2) Lambatnya menulis Arab dalam Al-Qur’an, 3) Kurang lancarnya siswa dalam melafadzkan bacaan sholat. Faktor Pendukung : 1) Adanya dukungan dan bimbingan yang baik, 2) Sarana dan prasarana yang memadai, 3)Semangat dan Motivasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 May 2018 07:41 |
Last Modified: | 02 May 2018 07:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4033 |
Actions (login required)
View Item |