Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada Siswa kelas IV MI Muhammadiyah Ngasinan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018

Listyaningsih, Winda (2018) Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada Siswa kelas IV MI Muhammadiyah Ngasinan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-WINDA LISTYANINGSIH (115-13-058).pdf

Download (2MB)

Abstract

Listyaningsih, Winda. 2018. Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada Siswa kelas IV MI Muhammadiyah Ngasinan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.Pembimbing : Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci : Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Index Card Match. Penelitian ini merupakan upaya peningkatan hasil belajar peserta didik yang dilatar belakangi dengan adanya kenyataan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Ngasinan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali dalam pembelajaran IPS tergolong rendah. Masalah yang akan dijawab dalam PTK ini adalah: Apakah penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Ngasinan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan PTK dengan menerapkan metode Index Card Match pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Ngasinan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes evaluasi, lembar pengamatan dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran IPS meningkat. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan hasil rata-rata pada tiap siklus, rata-rata hasil belajar kelas IV sebelum melakukan penerapan metode Index Card match yaitu 63,57 dengan ketuntasan 28,57%. Pada siklus I, 10 siswa mencapai KKM dan 11 siswa belum mencapai KKM dengan rata-rata meningkat menjadi 67,85 dan ketuntasan 47,62%. Pada siklus II, 14 siswa mencapai KKM dan 7 siswa belum mencapai KKM dengan rata-rata meningkat menjadi 70,47 dan ketuntasan 66,67%. Pada siklus III semua siswa mencapai KKM dengan rata-rata meningkat menjadi 84,42 dan ketuntasan 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 02:16
Last Modified: 03 May 2018 02:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item View Item