PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GARANGAN KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2018

Hayati, Nur (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI METODE PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI GARANGAN KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NURHAYATI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Hayati, Nur. 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi dan Perubahannya Melalui Metode Peta Pikiran (mind map) Pada Siswa Kelas III SD Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslikhah, S.Ag., M.si. Kata Kunci: hasil belajar IPA, metode Peta Pikiran (mind map) Pembelajaran IPA di SD Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali belum menggunakan berbagai metode pembelajaran aktif dan masih bersifat konvensional. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru terutama materi energi dan perubahannya. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 65. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan metode Peta Pikiran (mind map) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya pada siswa kelas III SD Negeri Garangan Tahun 2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya melalui metode Peta Pikiran (mind map) pada siswa kelas III SD Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun 2018. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data berupa ketuntasan individual dengan kriteria ketuntasan ≥ 65 dan ketuntasan klasikal ≥ 85% dari 15 siswa dengan menggunakan rumus persentase. Subjek penelitian di SD Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali yang berjumlah 15 siswa meliputi 8 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Peta Pikiran (mind map) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun 2018. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II 26 % dan siklus II ke siklus III 20%. Hal ini dapat dilihat perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 47% siswa tuntas belajar, siklus II 73% siswa tuntas belajar, dan siklus III 94% siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas belajar pada siklus III akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidiasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 03:26
Last Modified: 03 May 2018 03:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item