PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHOLAT WAJIB DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII SMP PLUS AS SYAFA’AH PENGKOL KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Husen, Tolhah (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SHOLAT WAJIB DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS VII SMP PLUS AS SYAFA’AH PENGKOL KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI JADI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Husen, Tolhah.2018. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Shalat Wajib Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Plus Assyafa’ah Pengkol Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci : Hasil Berlajar, Metode Jigsaw.Skripsi ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada bab Shalat Wajib, hal ini dikarenakan guru banyak menggunakan metode ceramah. Sehingga guru perlu melakukan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa dengan menggunakan metode jigsaw. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah dengan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PAI materi Shalat Wajib pada siswa kelas VII SMP Plus Assyafa’ah Pengkol Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini termasuk PTK, Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes.Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes.Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi shalat wajib pada siswa kelas VII SMP Plus Assyafa’ah Pengkol Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil belajar siswa pada Pra Siklus siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa atau 20% dan yang belum tuntas sebanyak 22 atau 80% dengan rata-rata 43.6% . Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 48% dan yang belum tuntas sebanyak 13 atau 52% dengan rata-rata 57.6%. Sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan siswa yang tuntas sebanyak 22 atau 88% dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa atau 12% dengan rata-rata 87.2% Dalam pencapaian ketuntasan klasikal sebanyak siklus II sebanyak 88% atau 22 siswa yang tuntas. Jadi pra siklus yaitu 20% ke siklus I 48% meningkatnya 28% dan dari siklus I ke siklus II yaitu 88% meningkatnya 40%. maka siklus dihentikan dan dan dinyatakan berhasil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 04:15
Last Modified: 03 May 2018 04:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4068

Actions (login required)

View Item View Item