PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI ZAKAT DENGAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs ASWAJA TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Maslichah, Umi (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI ZAKAT DENGAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs ASWAJA TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
JADI SKRIPSI UMIM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maslichah, Umi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Zakat Dengan Metode Everyone Is A Teacher Here pada Siswa Kelas VIII MTs Aswaja Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Everyone Is A Teacher Here, Zakat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi zakat melalui metode Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas VIII MTs Aswaja Tengaran,Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa kelas VIII MTs Aswaja Tengaran yang terdiri dari 18 siswa yaitu 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode Everyone Is A Teacher Here hanya 22,3% (4 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 77,7% (14 siswa) belum memenuhi KKM meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 44,5% (8 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 58,4 sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 88,8% (16 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-ratanya 72,3.Dengan demikian, hasil belajar yang di peroleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 44,3%. Pengarang : a. Nama : b. E-mail :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 04:46
Last Modified: 03 May 2018 04:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item