ANALISIS NILAI TOLERANSI DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI (Studi Komparasi Agama Islam dan Agama Kristen Tingkat SMP)

Alfani, Khoirul (2018) ANALISIS NILAI TOLERANSI DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI (Studi Komparasi Agama Islam dan Agama Kristen Tingkat SMP). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

KHOIRUL ALFANI, 2018. Analisis Nilai Toleransi dalam Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Studi Komparasi Agama Islam dan Agama Kristen Tingkat SMP). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Progam Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Imam Sutomo, M.Ag. Kata Kunci : Nilai Toleransi, Pendidikan Agama Islam dan Kristen Pendidikan Agama bertujuan untuk mewujudkan manusia yang berkarakter, salah satu karakter yang diwujudkan adalah toleransi. Toleransi menjadi salah satu solusi dalam menyikapi kemajemukan, pluralisme dan perbedaan. Nilai toleransi dimungkinkan dapat ditemukan dalam buku ajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap nilai toleransi dalam buku “Pendidikan Agama dan Budi Pekerti” tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), kemudian melakukan komparasi terhadap kedua buku tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan atau library research dengan metode content analysis (analisis isi). Penyajian datanya dalam bentuk deskripsi dan tabel supaya mudah dipahami oleh para pembaca. Hasil penelitian ini di antaranya : 1) Nilai toleransi yang terkandung dalam buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMP” dan “Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Tingkat SMP” secara keseluruhan mencakup nilai toleransi yaitu mengakui hak setiap orang, menghormati keyakinan orang lain, setuju dalam perbedaan, saling pengertian, kesadaran dan kejujuran, namun dari butir letak toleransi lebih banyak pada buku “Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti” jika dibanding dengan buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti”. 2) Komparasi antara buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMP“ dan buku “Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Tingkat SMP” meliputi aspek positif dari kedua buku. Aspek positif buku “Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMP” : a) isi materi meliputi nilai toleransi, akhlak terpuji, ibadah dan sejarah islam. b) penampilan buku meliputi peta konsep, gambar-gambar yang menarik, kisah-kisah inspiratif, dialog islami dan lain-lain. c) evaluasi pembelajaran meliputi refleksi akhlak mulia, ayo berlatih dan lain-lain. Aspek positif buku “Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Tingkat SMP” , yang pertama, isi materi meliputi nilai toleransi, gereja, akhlak terpuji atau spiritualitas. Yang kedua, penampilan buku meliputi aktivitas siswa dan nyanyian-nyanyian religi. Yang ketiga, evaluasi pembelajaran meliputi aktivitas siswa yaitu membuat kliping, wawancara, memberikan pendapat terhadap suatu masalah, dan diberikan soal-soal berupa analisis kasus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2018 06:42
Last Modified: 03 May 2018 06:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4076

Actions (login required)

View Item View Item