PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PERILAKU TAAT, KOMPETISI DALAM KEBAIKAN DAN ETOS KERJA MENGGUNAKAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS XI SEMESTER I SMK PGRI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sari, Dyah Putri Permata (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PERILAKU TAAT, KOMPETISI DALAM KEBAIKAN DAN ETOS KERJA MENGGUNAKAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS XI SEMESTER I SMK PGRI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI PERILAKU TAAT. 1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan strategi Student Facilitator And Explainingpada siswa kelas XI SMK PGRI 2 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Subyek peneliti sebanyak 26 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2018 sampai dengan tanggal 28 Agustus 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Motode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis dan dokumentasi.Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data seperti berikut : KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 75, sebelum menggunakan strategi Student Facilitator And Explaining, hanya ada 38,46% (10 siswa) yang tuntas, sedangkan 61,53% (16 siswa) belum memenuhi KKM atau belum tuntas. Penggunaan strategi Student Facilitator And Explaining dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XIpada siklus I diperoleh data sebesar 57,69% (15 siswa) tuntas dan 42,30% (11 siswa) yang belum tuntas, sehingga dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan 19,23%. Setelah itu dilakukan refleksi siklus I, dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 100% (26 siswa) tuntas dan 0% (0 siswa) belum memenuhi KKM. Dengan demikian dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 42,31%. Presentase Kriteria Ketuntasan Klasikal pada siklus II ini mencapai 100% dengan nilai rata-rata 97,46. Dengan kata lain sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu presentase Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85% dengan standar KKM 75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:29
Last Modified: 17 Oct 2018 02:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item View Item