Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal dan Persen Dengan Metode latihan dan Model Make A Match Pada Siswa Kelas V di MI Asas Islam Kalibening Tahun Pelajaran 2017/2018.

Yusuf, Niesaa Fadlilah (2018) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Mengubah Pecahan Biasa ke Bentuk Desimal dan Persen Dengan Metode latihan dan Model Make A Match Pada Siswa Kelas V di MI Asas Islam Kalibening Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah upaya untuk mengetahui hasil belajar Matematika materi mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan persen dengan metode latihan dan model pembelajaran Make A Match pada siswa kelas V MI Asas Islam Kalibening Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah melalui metode latihan dan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan persen pada siswa kelas V MI Asas Islam Kalibening Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Peneliti menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Untuk analisis data dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Temuan peneliti ini menunjukkan bahwa metode dan model pembelajaran sangat penting digunakan dalam proses pembelajaran agar siswa dapat terbantu dalam memahami materi pelajaran terutama pada mata pelajaran Matematika materi mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan persen. Hasil penelitian menunjukkan: hasil belajar siswa fase pra siklus yaitu diperoleh data siswa yang tuntas dengan KKM 60 sebanyak 8 siswa dari 29 siswa atau 27% dan rata-rata nilai kelasnya 41,3. Kemudian pada siklus I yaitu siklus yang mulai menggunakan metode latihan dan model pembelajaran Make A Match, siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau 72% dengan rata-rata nilai siswa 73,4. Walaupun pada siklus I terjadi peningkatan, namun hasil tersebut belum mencapai ketuntasan 85% dari jumlah siswa dan proses pembelajaran belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Kemudian peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus ini, siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa atau 86% dengan rata-rata nilai siswa 83,1. Hal tersebut membuktikan hasil nilai siswa pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai lebih dari 85% dari jumlah siswa dan proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Maka peneliti menghentikan penelitian, karena hasil penelitian sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh ketentuan dalam PTK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:45
Last Modified: 17 Oct 2018 02:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4166

Actions (login required)

View Item View Item