Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Bebas Melalui Metode Real Experience Pada Siswa Kelas V Mi Al Islam Banding Kec. Bringin Tahun Pelajaran 2017 /2018

Miftakhussangadah, Miftakhussangadah (2018) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Puisi Bebas Melalui Metode Real Experience Pada Siswa Kelas V Mi Al Islam Banding Kec. Bringin Tahun Pelajaran 2017 /2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Rel Experience dapat meningkatakan hasil belajar bahasa indonesia materi Menulis Puisi Bebas Melalui Metode Pembelajaran real Experience Kelas V MI Al Islam Banding Kec. Bringin Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri 27 siswa yaitu 12 laki – laki dan 15 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan masing – masing yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan / observasi dan, refleksi. Penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini menggunkan pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan kreteria ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode Real Experience terdapat 51,86% (14 siswa ) yang memenuhi KKM, sedangkan 48,14% ( 13 Siswa ) belum Memenuhi KKM menigkat pada sisklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kreteria ketuntasan Klasikal 69,23% ( 17 siswa ) sedangkan yang belum memenuhi KKM 30,% ( 10 siswa ) dengan nilai rata – rata 72,6. Sedangkan pada siklus II Kreteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85,20% ( 23 siswa ) sedangkan yang belum memenuhi KKM sebesar 14,82% (4siswa ) dengan rata – rata 83,5. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,24%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:28
Last Modified: 17 Oct 2018 07:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item View Item