PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PARAGRAF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS III MI AL ISLAM BANDING KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

AGUSTINA, AYU (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PARAGRAF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS III MI AL ISLAM BANDING KEC. BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ayu.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al Islam Banding Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Example Non Example. Apakah model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi menulis paragraf pada siswa kelas III MI Al Islam Banding Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa, yaitu terdiri dari 14 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil dari nilai akhir siswa, dokumentasi, dan observasi dengan melihat perilaku siswa dalam proses pembelajaran.Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar materi menulis paragraf pada siswa kelas III MI Al Islam Banding Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Peningkatan dari pra siklus sampai siklus II. Peningkatan dari pra siklus ke siklus I yaitu 32%, dari siklus I ke siklus II yaitu 23%. Pra siklus siswa yang tuntas sejumlah 8 siswa atau 36% dengan nilai rata-rata 58,86. Siklus I siswa yang tuntas sejumlah 15 siswa atau 68% dengan nilai rata-rata 69,77. Siklus II terdapat 20 siswa atau 91% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 86,59.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:34
Last Modified: 17 Oct 2018 07:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4211

Actions (login required)

View Item View Item