Sofyan, Mochlasin (2015) RESPON DAN PERILAKU NASABAH MUSLIM SALATIGA TERHADAP ERBITNYA FATWA MUI TENTANG KEHARAMAN BUNGA BANK. Project Report. IAIN Salatiga. (Unpublished)
Text
LAPORAN PENELITIAN INDIVIDUAL 2015 semua.docx Download (826kB) |
Abstract
Penelitian ini akan difokuskan pada empat permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana latar belakang, paradigma dan model pendekatan integratif dalam membangun ilmu ekonomi Islam ; 2)Apa motif dan kebutuhan konsumen dalam paradigma ekonomika konvensional dan ekonomi Islam ? 3) Bagaimana paradigma dan model consumer behaviour dalam perspektif ekonomi Islam ? 4) Bagaimana model pengambilan keputusan konsumen dalam teori ekonomika konvensional dan ekonomi Islam ? 5) Bagaimana konsep dan model consumer equilibrium perspektif ekonomika Islam ? Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research), yaitu suatu usaha yang dilakukan peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik bahasan kemudian dianalisis secara deskriptif. Penelitian pustaka adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Menurut Kahf, rasionalitas perilaku konsumen muslim dibangun berdasarkan konsep-konsep: 1)Konsep keberhasilan (falah); 2) Selfishness dan Altruisme; 3) Time horizone of consumer behavior; 4) Konsep kekayaan; 5)Konsep barang; 6)Etika berkonsumsi dalam Islam Al-Qur’an menyebutkan keinginan yang menyangkut kebutuhan-kebutuhan hidup manusia yang disebut kebutuhan efektif terdiri: 1) kebutuhan pokok (dharuriyyat); 2) kebutuhan tepat guna (hajiyyat); dan 3) kenyamanan (tahsiniyyat). Di sambing itu juga ada keinginan yang masuk dalam wilayah kemewahan (taraf) dan kesia-siaan (tabzir) yang harus dihindari. Hampir semua model keputusan konsumen dalam kajian ekonomi konvensional seperti Henry Assael, Leon G. Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk, Didit Darmawan, J. Paul Peter dan Jerry C. Olson dan model philip Kotler tidak menempatkan agama sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah. Dalam tataran ideal, seorang muslim akan melaksanakan apa yang diperintahkan dalam ajarannya dan meninggalkan apa yang dilarang termasuk keharaman riba. Kesadaran bertransaksi, berinvestasi, dan memenuhi kebutuhan hidupnya selaras dengan prinsip-prinsip syariah adalah realisasi dari sharia compliance.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 22:31 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 22:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4221 |
Actions (login required)
View Item |