chayati, nazdiroh Nur (2015) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Nazdiroh Nur Chayati_11508019.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pola asuh orangtua dan motivasi belajar dapat memengaruhi prestasi belajar siswa. Hal ini perlu diperhatikan pengaruhnya terhadap siswa. Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah pola asuh orangtua di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014? (2) Bagaimanakah motivasi belajar di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014? (3) Bagaimanakah prestasi siswa di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014? (4) Adakah pengaruh pola asuh orangtua terhadap prestasi siswa di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014? (5) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014? (6) Adakah pengaruh pola asuh orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Pelajaran 2013/2014? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasi, subjek penelitian sebanyak 100 responden, menggunakan teknik sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner untuk menjaring data pola asuh orangtua, motivasi belajar, dan data nilai rata-rata rapor semester akhir untuk prestasi siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis varians tiga jalur. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pola asuh orangtua untuk kategori authoritarian 56 siswa (56%), authoritative 37 siswa (37%), permisif 7 siswa (7%), sehingga dapat dikatakan pola asuh orangtua tergolong authoritarian. (2) Motivasi belajar untuk kategori tinggi 27 siswa (27%), sedang 54 siswa (54%), rendah 19 siswa (19%), sehingga dapat dikatakan motivasi siswa tergolong sedang. (3) Prestasi siswa terendah 76, tertinggi 90, rata-rata prestasi siswa 85,6, sehingga dapat dikatakan prestasi siswa tergolong tinggi. (4) Tidak ada pengaruh pola asuh orangtua terhadap prestasi siswa setelah dilakukan analisis harga r hitung lebih kecildari harga r tabel taraf signifikan 5% (0,18<3,10). 1% (0,18<4,85) (5) Tidak ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa setelah dilakukan analisis harga r hitung lebih kecil dari harga r tabel taraf signifikan 5% (0,94<3,10) 1% (0,94<4,85).(6) Tidak ada pengaruh antara pola asuh orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa setelah dilakukan analisis harga r hitung lebih kecil dari harga r tabel taraf signifikan 5% (0,30<2,47)1% (0,30<3,53). Sehingga, ada faktor lain yang lebih mempengaruhi prestasi belajar siswa, seperti faktor sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Feb 2016 07:20 |
Last Modified: | 22 Feb 2016 07:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/431 |
Actions (login required)
View Item |