ADZIM, MUHAMAD FAUZIL (2018) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Tahlilan di Desa Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Miftahuddin, M.Ag. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Tahlilan.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang dirumuskan oleh DIKNAS dalam tradisi tahlilan di Desa Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana pelaksanaan penyelenggaraan tradisi tahlilan di Desa Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Kedua, bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam pelaksanaan tradisi tahlilan di Desa Sraten Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Tokoh Masyarakat, Masyarakat desa Sraten dan kegiatan tahlilan yang ada di desa Sraten. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan klarifikasi data, penyaringan data dan penyimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, tradisi tahlilan dilakukan secara bersama-sama yang dipimpin oleh imam tahlil, diawali dengan membaca hadharah kepada Nabi, sahabat, dan seterusnya. Kemudiam pembacaan tahlil dan al-Qur’an serta pembacaan do’a. Kedua, nilai-nilai pendidikan karakter dalam tradisi tahlilan diantaranya nilai religius, kerja keras, bersahabat/komunikatif, peduli sosial dan disiplin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 07:41 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 07:41 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4339 |
Actions (login required)
View Item |