ROFIQ, MUHAMMAD (2018) Pendidikan Pranikah untuk Membentuk Keluarga Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah (Studi di Komunitas Rumah Jodoh (KRJ) Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
MUHAMMAD ROFIQ (FORMAT 97-2003 DOC.) OFFICE 2013).pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui sistem pendidikan pranikah untuk membentuk keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah di Komunitas Rumah Jodoh (KRJ) Salatiga. Adapun pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah model pendidikan pranikah untuk membentuk keluarga sakinah, mawaddah, warahmah di Komunitas Rumah Jodoh (KRJ) Salatiga? 2) Bagaimanakah perubahan pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta setelah mengikuti pendidikan pranikah sebagai bekal berumah tangga?, dan 3) Apakah faktor penghambat dalam pendidikan pranikah di komunitas itu? Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif-analitik. Informan dalam penelitian ini meliputi: peserta komunitas yang ikut dalam pendidikan pranikah serta founder sekaligus salah satu pendidik di komunitas tersebut. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem pendidikannya meliputi dari beberapa komponen yaitu: tujuannya yaitu untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta akhlak sebagai bekal berumah tangga, peserta didik tidak ada batasana kriterianya, untuk kriteria pendidik mempunyai pemahaman yang kuat terhadap materi dan sesuai dengan bidangnya, materinya meliputi urgensi pernikahan (pernikah dalam Islam), kesehatan reproduksi, konsep ta’aruf VS pacaran, pasangan yang sesuai dengan syari’at (jodoh impian), bekal pernikahan, hak dan kewajiban suami istri, entrepreneur, membangun komunikasi yang baik, menjadi ayah dan ibu yang baik, dan serta merancang proposal nikah, metode yang digunakan yaitu dengan metode ceramah, workshop (seminar) dan dialog, tempat pelaksanaannya di sekitar Kota Salatiga. 2) Perubahan pada diri peserta meliputi: aspek kognitif berupa pemahaman materi yang diajarkan, aspek afektif yaitu lebih menghargai perbedaan, lebih membuka diri, dan optimis, kemudian pada aspek psikomotorik yaitu memiliki keterampilan (skill) berwirausaha. 3) Faktor penghambat pendidikannya, yaitu: sebagian peserta menempatkan pendidikan ini sebagai sampingan, sulit untuk menyesuaikan jadwal kegiatan, pemateri yang terbatas, beberapa masalah yang dihadapi belum sepenuhnya dapat terselesaikan, dan masalah pembiayaan masih kekurangan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 02:11 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 02:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4359 |
Actions (login required)
View Item |