PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) PADA SISWA KELAS II SDN SIDOREJO LOR O7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Setiyowati, Diah (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) PADA SISWA KELAS II SDN SIDOREJO LOR O7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Diah Setyowati_11509005.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan motivasi belajar untuk mengembangkan metode yang berguna bagi siswa, agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Realita di lapangan membuktikan bahwa pendidik dalam menyampaikan pelajaran bahasa Inggris kurang efektif. Sehingga menyebabkan motivasi belajar bahasa Inggris rendah. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1). Bagaimana motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas II SDN Sidorejo Lor 07 Salatiga tahun pelajaran 2013/2014? 2). Bagaimana penerapan metode Total Physical Response dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas II SDN Sidorejo Lor 07 Salatiga tahun pelajaran 2013/2014? 3). Apakah metode Total Physical Response dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas II SDN Sidorejo Lor 07 Salatiga tahun pelajaran 2013/2014? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. PTK terdiri tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan adalah metode Total Physical Response. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa kurang motivasi dalam belajar. Penggunaan metode yang kurang maksimal membuat pembelajaran tidak ada peningkatan bagi siswa. Berdasarkan uji coba pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode total physical response (TPR), maka diperoleh hasil bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Siswa menjadi aktif dalam mengiluti pembelajaran. Mengacu pada penggunaan metode tersebut, maka penelitian ini dapat dijadikan sebagai upaya dalam meningkatan motivasi belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2016 07:42
Last Modified: 22 Feb 2016 07:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item