Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam materi Akhlak Tercela menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VIII A Semester I SMP Islam Sudirman Ampel Tahun Pelajaran 2018/2019

Ridwan, Muhammad (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam materi Akhlak Tercela menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VIII A Semester I SMP Islam Sudirman Ampel Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI materi akhlak tercela pada siswa kelas VIII A semester I SMP Islam Sudirman Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar pai materi akhlaq tercela pada siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa untuk mata pelajaran PAI materi akhlak tercela pada siswa kelas VIII A semester I SMP Islam Sudirman Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 70 dalam penelitian ini dapat dilihat dari kondisi awal yaitu 22,22% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 61,11% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 94,44% siswa tuntas. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85% dapat tercapai dan melalui model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi akhlak tercela pada siswa kelas VIII A SMP Islam Sudirman Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:02
Last Modified: 24 Oct 2018 03:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item View Item