Sholikhah, Rodziatus (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TARIKH MATERI SILSILAH DAN KELAHIRAN NABI MUHAMMAD DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH SURUH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan atas dasar rendahnya hasil belajar siswa. Dari data yang didapat dari guru pengampu mata pelajaran Tarikh, di ketahui dari jumlah siswa 25 hanya 12 siswa (48%) yang mendapat nilai sesuai batas ketuntasan minimal yaitu 70. Hal ini disebabkan oleh proses kegiatan belajar mengajar siswa yang sangat pasif, banyak siswa tidak menghiraukan materi pelajaran Tarikh yang disampaikan guru, bahkan ada beberapa siswa yang bercanda dengan temannya. Penyebab lainnya dikarenakan sikap siswa yang kurang aktif, tidak memperhatikan, malas, kurang percaya diri dalam menuangkan ide sehingga penguasaan materi kurang dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik yaitu lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan metode Mind Mapping yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Suruh. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Tarikh materi silsilah dan kelahiran Nabi Muhammad pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun pelajaran 2017/2018?. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Tarikh materi silsilah dan kelahiran Nabi Muhammad pada siswa kelas VII B di SMP Muhammadiyah Suruh. Langkah-langkah dalam pembelajaran menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII B sebanyak 25 siswa yang terdiri 13 siswa dan 12 siswi. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukan siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dalam persen sebesar 48%. Pada siklus I siswa yang tuntas ada 14siswa dalam persen sebesar 56%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa dalam persen sebesar 88%. Hal ini penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Silsilah dan Kelahiran Nabi Muhammad pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Suruh Tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Fiqih (Hukum Islam) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 01:30 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 01:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4422 |
Actions (login required)
View Item |