PENGARUH MENDENGARKAN BACAAN AL-QUR’AN TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUOTIENT) SISWA KELAS X JURUSAN TKR DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN AJARAN 2017/2018

ULVAH, VELA MARIA (2018) PENGARUH MENDENGARKAN BACAAN AL-QUR’AN TERHADAP TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUOTIENT) SISWA KELAS X JURUSAN TKR DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor dominan dalam menentukan kesuksesan seseorang. Kurangnya kecerdasan emosional akan membuat kehidupan seseorang tidak stabil. Salah satu contohnya adalah banyaknya angka kenakalan remaja yang sampai saat ini semakin meningkat dan seolah-olah menjadi lingkaran domino yang sulit untuk dihentikan. Tercatat sampai tahun 2011 4,7% siswa SMA pernah mengkonsumsi narkoba. Hal ini akan menjadi kerugian bagi bangsa jika kebanyakan generasi penerus bangsa telah rusak diawal masa pertumbuhannya. Tujuan penelitian ini menganalisis adakah Pengaruh Mendengarkan Bacaan Al-Qur’an terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan SMK Saraswati Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimental dengan melakukan pre-test dan post-test dengan angket kecerdasan emosional pada 62 orang siswa SMK Saraswati Kota Salatiga yang dibagi secara randomize sampling menjadi 2 kelompok, 31 kelompok intervensi dan 31 kelompok kontrol. Intervensi berupa mendengarkan bacaan Al-Qur’an surah Ar-Rahman, Al-Waqi’ah, Al-Mulk, Al-Fajr dan Al-Insyirah yang diberikan pada kelompok intervensi selama 30 hari, sedangkan pada kelompok kontrol tidak diberikan intervensi apapun. Analisis uji Wilcoxon pada kelas kontrol menunjukkan signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,812 > 0,05) Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan kecerdasan emosional siswa dengan kecerdasan emosional awal dan akhir pada kels kontrol. Sedangkan hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan nilai 0,000, karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan antara kecerdasan emosional unuk pre-test dan post-test, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa ada pengaruh mendengarkan bacaan Al-Qur’an terhadap tingkat kecerdasan emosional siswa kelas X TKR B SMK Sraswati Kota Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 07:00
Last Modified: 25 Oct 2018 07:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4456

Actions (login required)

View Item View Item