UPAYA GURU PAI DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pangesti, Asprillia Putri (2018) UPAYA GURU PAI DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIX..pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memaparkan upaya guru PAI dalam pembinaan perilaku keagamaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Salatiga. Pertanyaan utama yang dijawab dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana perilaku keagamaan siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Salatiga? (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam membina perilaku keagamaan siswa kelas XI SMenengah Kejuruan Negeri 1 Salatiga? (3) Apa kendala guru pendidikan agama islam dalam membina perilaku keagamaan siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Salatiga? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian dalam penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Perilaku keagamaan di SMK Negeri 1 Salatiga meliputi: (a) Membiasakan shalat dengan berjama’ah dan tepat waktu, (b) Membiasakan diri tadarus al-Qur’an atau mengaji, (c) Selalu mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah, (d) Membiasakan diri berdo’a sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. (2) Upaya guru PAI dalam membina perilaku keagamaan siswa meliputi: (a) Memberikan contoh kepada siswa mengenai berperilaku keagamaan yang semestinya, (b) Melaksanakan dan membiasakan berperilaku sesuai dengan tuntutan karimah yang dicontohkan Rasulullah, seperti: mengucapkan dan atau menjawab salam kepada sesama guru dan teman di sekolah, berdo’a bersama sebelum memulai dan sesudah kegiatan belajar mengajar, dan bersikap santun serta rendah hati kepada siswa, (c) Membiasakan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah untuk meningkatkan disiplin ibadah, memperdalam rasa kebersamaan dan persaudaraan antar sesama muslim serta agar dapat beribadah secara khusyuk, (d) Mengadakan kegiatan kajian atau pengajian untuk memberikan tambahan pengetahuan tentang ajaran Islam, (e) Memberikan hukuman sesuai pelanggaran siswa agar timbul rasa jera. (3) Kendala guru PAI dalam membina perilaku keagamaan ialah: (a) Adanya siswa yang tidak mengikuti shalat berjama’ah, yang mana akan memberikan pengaruh tidak baik bagi siswa lainnya, (b) Adanya siswa yang tidak mengikuti kajian keagamaan ketika dianjurkan untuk mengikuti akan berdampak kurang baik bagi siswa yang lain, (c) Kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua serta keluarga yang mana akan mempersulit siswa untuk berperilaku keagamaan dengan semestinya, (d) Pengaruh teknologi (gadget) menyebabkan siswa kurang memperhatikan penyampaian guru dan tertundanya waktu untuk beribadah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 07:12
Last Modified: 25 Oct 2018 07:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4460

Actions (login required)

View Item View Item