PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE JIBRIL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 07 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abdillah, Jihan (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE JIBRIL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 07 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII SMP Negeri 07 Kota Salatiga, yang disebabkan beberapa hal diantaranya guru yang kurang terampil menerapkan berbagai macam metode mengajar yang sesuai dengan materi membaca Al-Qur’an dan keterbatasan sarana dan prasarana sekolah yang mendukung pembelajaran. Sekarang banyak ditemui adanya metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang lebih menuntut siswa berperan lebih aktif dan lebih siap untuk menerima pembelajaran membaca Al-Qur’an diantaranya adalah metode Jibril. Pemilihan metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Jibril dirasa sesuai untuk membantu siswa meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi membaca Al-Qur’an secara tartil dan berdasarkan ilmu tajwid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 07 Kota Salatiga sebanyak 30 siswa dan satu guru kolaborator yaitu Bapak Muhammad Sintoro, S.Ag. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: Apakah menggunakan metode Jibril dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII SMP Negeri 07 Kota Salatiga tahun ajaran 2017/2018 ?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode Jibril dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VII SMP Negeri 07 Kota Salatiga tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi membaca Al-Qur’an siswa dengan metode Jibril pada siswa kelas VII H SMP Kota Salatiga terdapat peningkatan, hasil pra siklus menunjukan siswa yang lulus sebanyak 10 siswa atau dalam persen sebesar 33%. Pada siklus I siswa yang lulus sebanyak 23 siswa atau dalam persen sebesar 77%. Sedangkan pada siklus II siswa yang lulus sebanyak 27 siswa atau dalam persen sebesar 90%. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Jibril dapat meningkatkan hasil belajar siswa membaca Al-Qur’an. Hal ini dilihat dari semua siswa yang memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru berlangsung dengan baik, sehingga pembelajaran berjalan dengan lancar pada siswa kelas VII SMP 07 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 07:19
Last Modified: 25 Oct 2018 07:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4462

Actions (login required)

View Item View Item