FUADAH, SOFI SITI (2018) PeningkatanHasil Belajar Matematika Materi Pengolahan Data Melalui Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Lerning (CTL) padaSiswaKelas IV MI Ma’arif Kutowinangun Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu iapakah penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapatmeningkatkanhasil belajardanpencapaian target KKM padamatapelajaranMatematika dalam materi pengolahan data padasiswakelas IV MI Ma’arif Kutowinangun Lor Kota Salatiga, penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Ma’arif Kutowinangun Lor Kota Salatiga. Penelitian dilakukan pada semester duapadatahun 2017/2018. Jenispenelitian yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas yang terdiridari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksidenganmenggunakanstrategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi pengolahan data.Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa. Jumlah siswa yang mencapainilai KKM pada prasiklus sebanyak 4 siswa (16%), padasiklus I meningkatsebanyak13siswa (52%), danpadasiklus II sebanyak22siswa (88%) telahdinyatakan klasikal ± 85% dan telah mencapainilai KKM. Nilai rata-rata kelasprasiklushanyamencapainilai48,4padasiklus I cukupmeningkatyaitu62,8danpadasiklus II meningkatlagimenjadi 87,8
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 07:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 07:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4466 |
Actions (login required)
View Item |