PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DAN MEDIA BONEKA ORIGAMI PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI MA’ARIF TINGKIR LOR KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sari, Ratna (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DAN MEDIA BONEKA ORIGAMI PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI MA’ARIF TINGKIR LOR KECAMATAN TINGKIR KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
file skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode bermain peran dan media boneka origami dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi cerita pada siswa kelas V MI Ma’arf Tingkir Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas V MI Ma’arif Tingkir Lor yang terdiri dari 15 siswa yaitu 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran dan media boneka origami dapat meningkatkan hasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode bermain peran dan media boneka origami hanya 26,67% (4 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 73,33% (11 siswa) belum memenuhi KKM meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 66,67% (10 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 68,00 sedangkan pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 73,33% (11 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-ratanya adalah 78,00 sedangkan pada siklus III kriteria ketuntasan klasikal sebesar 86,67% (13 siswa yang tuntas) dengan nilai rta-ratanya 79,33. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20% dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 13,33%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:14
Last Modified: 29 Oct 2018 02:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item View Item