Fridayanti, Nelis Ika Lestari (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V di MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI REVISI NELIS.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA di MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang masih banyak yang dilaksanakan dengan model pembelajaran yang konvensional.Hal ini menyebabkan sebagian siswa tidak memerhatikan guru pada saat menyampaikan materi sehingga berpengaruh pada pembelajaran IPA terutama sifat-sifat cahaya. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa pra siklus yang belum mencapai KKM 65. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun 2018”?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya dengan penerapan model PBL pada siswa kelas V MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang berjumlah 25 siswa meliputi 19 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus hitung nilai rata-rata dan persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang tahun 2018. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 28% dan Siklus II ke Siklus III 16%. Hal ini dapat dilihat perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I memiliki rata-rata 64, Siklus II memiliki rata-rata 81,6, dan Siklus III memiliki rata-rata 82,4. Siswa telah mencapai KKM secara klasikal sebesar 88% pada Siklus III . Siswa yang belum tuntas belajar pada siklus III akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remediasi yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar pada materi sifat-sifat cahaya. NAMA PENULIS : EMAIL :
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 02:55 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 02:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4512 |
Actions (login required)
View Item |