PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V MI BANSARI KECAMATAN BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Hikmah, Mamlu’atul (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM BESERTA DAMPAKNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V MI BANSARI KECAMATAN BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MAMLU'ATUL HIKMAH 115-13-095.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning dapat meningatkan hasil belajar IPA materi peristiwa alam beserta dampaknya pada siswa kelas V MI Bansari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas V MI Bansari yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan mulai Maret sampai Mei 2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran IPA. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada pra siklus, siklus I, dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: Standart KKM mata pelajaran IPA adalah 70, hasil pra siklus terdapat 12 (38,70%) siswa tuntas belajar dan 19 (61,29%) siswa belum tuntas dengan rata-rata 65,48. Siklus I hasil Pre Test terdapat 13 (41,93%) siswa tuntas belajar, dan 18 (58,06%) siswa belum tuntas belajar dengan rata-rata 58,54, setelah menggunakan model PBL diperoleh data 21 (67,74%) siswa tuntas dan 10 (32,25%) siswa belum tuntas dengan rata-rata 67,90. Berdasarkan data siklus I dari hasil Pret Test dan Post Test terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 25,81%. Siklus II pada Pre Test terdapat 20 (64,51%) siswa tuntas belajar dan 11 (35,48%) siswa belum tuntas dengan rata-rata 69,51, sedangkan pada Post Test terdapat 27 (87,09%) siswa tuntas belajar dan 4 (12,90%) siswa belum tuntas dengan rata-rata 75,48. Berdasarkan data siklus II dari hasil Pret Test dan Post Test terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 22,58%. Hasil pra silus ke siklus satu terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 29,04%, sedangkan dari siklus satu ke siklus dua terjadi kenaikan sebesar 19.35%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:56
Last Modified: 30 Oct 2018 02:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4524

Actions (login required)

View Item View Item